Pertama Kali Memelihara Hamster

Saat pertama kali memelihara hamster...

Ciku adalah hamster pertama dan satu satu nya yang aku punya, hewan berbulu coklat muda dengan bentuk yang serupa-mirip kayak tikus ini emang imut banget. Body nya ngejual banget alias kalo ngeliat dia tuh bawaannya pengen ngelus gitu...

Ciku mati setelah beberapa hari dari hari ulangtahun ku, eh atau sebelum hari ulang tahunku ya? Idk, I forget that, hehe. Pokoknya ciku udah lima bulan ditangan aku, sampai akhirnya hari itu tiba, ciku pun pergi selamanya huhuhu...

Jadi, awalnyaaaa . . . .




Ayah pulang kerja bawa kandang mini didalam nya ada roda putar mainan kayak punya sendy di film spongebob. aku kaget saat ayah nunjukin kandang itu ke aku, dan.. WAOW ada hamsternya, kata ayah ini buat aku, aku seneng bangettt.. jadi hamster itu milik sepupu aku yang masih TK, katanya hamster itu udah ga dia urusin lagi jadi ngasih ke aku deh, meskipun hamster bekas gak masalah kok ;) dengan ini mama mau gamau ngizinin aku buat melihara binatang. Mama tuh ogah banget punya peliharaan dirumah, paling cuma ikan sama burung aja hewan yang menghabiskan sisa hidupnya dirumah ku.

Pagi pagi aku bangun tidur lalu mandi dan sekolah, bukan ini saat spesialnya, tapi saat pulang sekolah! pulang sekolah aku buru buru ganti baju dan tengokin kandang malaikat unyu (baca: hamster) haha .__. wadooh hamster nya dekil abis, bulunya jingkrak jingkrak gitu kayak abis kesetrum, udah gitu alas kandang nya batu, gak alus banget. kasian..

Aku pun berinisiatif buat mandiin dia, tapi megang aja ga berani gimana mau mandiin dia. and then, aku mencoba pdkt dulu sama dia, hihi maksudnya pendekatan tahap kenalan gitu biar akrab, hahaha-____-"

Pertama kali aku keluarin dia dari kandang, dia ngacir kemana mana, bener deh aku panik banget tuh. Gimana kalo ada kucing lewat terus dia dibawa sama kucing? gimana kalo ada tikus trus mereka berantem? aduh pokoknya aku panik. mau megang aku takut, di diemin lebih takut lagi. FYI, aku punya ide. Sreeett sreeet aku seret seret rumahnya alias kandang tuh hamster ke depan muka tuh hamster, kali aja dia mau masuk lagi ke kandangnya. dan alhamdulillah dia masuk. rencana untuk mandiin hamster pun diundur.

Sekarang udah malam dan aku rasa belom cukup dekat dengan hamster itu, aku mencoba buka kandangnya lagi, dan megang hamster itu. yes dia ga berontak aku seneng bangettt.. meskipun agak takut siii :&

Hari kedua aku pelihara hamster. Sepulang seklah, aku ganti baju dan mantengin kandang hamster itu lagi, kali ini beda, aku bawa kuaci buat cemilan hamster nanti. Buat menarik perhatian hamster yang belom jinak itu, aku selipin kuaci di tengah tengah jeruji kandang, hamster itu ngerasa tertarik, mungkin dia kaget ada manusia yang nangkring di depan kandangnya dan berteriak "hamster hamster keluar dong" sambil bawa bawa kuaci hahaha -__- *sssssttt jangan bilang2 ya*

Lucu banget ngeliat hamster makan kuaci, dengan 2 kaki atau tangan yang imut itu dia megang kuaci dan ngupas kuaci dengan mulutnya cepet banget tiba tiba berserakan sampah kuaci dikandangnya, hamsternya berdiri gitu pas lg makan kuaci, wuuuuh unyu abis!
Lebih tepatnya hari ini tuh: MALAM PERTAMA DENGAN HAMSTER eh maksudnya MAKAN BERSAMA DENGAN HAMSTER. *plesetannya jauh banget ya-_-v*

Hari ketiga hidup bersama hamster, hahaha. Aku punya inisiatif buat namain hamster itu "ciku" alhasil aku manggil CIKU CIKU kalao lagi main bareng hamster itu. Untungnya gaada tetanggaku yang namanya ciku, jadi ga ada yang nengok kalo aku teriakin nama ciku, dan juga hamster itu ga nengok walaupun aku berkali kali teriakin nama ciku. hikss.

Hari keempat, aku bertekad untuk memandikan ciku! haha. ciku aku bawa ke kamar mandi, oh iya malamnya sebelum itu aku udah nyoba buat megang dan ngangkat ciku, entah karena aku megang ciku kekencengan atau emang tanganku bau , tiba tiba aja ciku ngegigit aku. refleks aku ngelempar ciku dari tangan aku, ciku pun jatuh ke bawah, aduh aku tambah panik takut ciku kenapa napa, kan kasian kalo dia sampe kena gagar otak atau amnesia.........abaikan. aku buru buru ngambil ciku lagi dan taro dia ke kandangnya lagi sambil mohon mohon sujud sujud minta maaf di depan kandangnya...eh ngga selebay itu kok -.- lupakan.

ciku aku mandiin dengan pelan pelan pelan dan pelan, terus aku handukin pake handuk kecil punya mama. saat lagi asyik aku ngeringin ciku dengan handuk itu tiba tiba mama marah "ngapain ngelap hamster pake handuk?! entar virus nya kemana mana, bulu nya kemana mana, bikin penyakit aja, blablbablbablabla". "iya ma nanti anduknya vira cuci" jawabku singkat lalu melanjutkan memanjakan hamster ku tersayang, tsaaaah.

Hari kelima, keenam, dan sudah seminggu ciku ada dirumahku, aku mulai membiasakan nama "ciku" di telingan hamster kesayanganku itu. siapa tau aja kan, saat aku lagi belajar dan mulai bosan, aku teriak nama CIKU, lalu hamster itu keluar dari kandangnya  membawa kuaci dan duduk diatas meja belajarku sambil joget joget ala alvin the chipmunk. haha ga akan terjadi kali vir-_- aduh namanya juga vira sang pemimpi hahaha -__-"

Gatau hari ke berapa ciku udah ada dirumah ku, yang ku tau ini hari minggu dan aku ngajak ayah buat ke toko hewan, buat beli benda benda yang berbau tentang hamster yang aku ketahui dari mbah google setelah seharian googling cari info tentang hamster.

Aku pun ngebeli: pasir wangi (mbah google bilang ini buat mandinya hamster, ngga pak air tapi pake pasir! emejing!), ampas kayu (buat alas hamster itu, buat tempat pipis atau pup hamsternya sekalian buat pengahangat dan alas dia tidur! wlek >.<), tempat mandi (mirip kayak tempat sabun tapi ada lubangnya buat masuk keluarnya hamster! lucu ^^), botol minum (botol minum khusus hamster ya bukan botol aqua! hehe :p), makanan hamster, dan bola mainan, jadi hamster bisa ditaro dalem bola itu dan berkeliaran kemana mana, jangan khawatir hamsternya masih didalam bola kok, bola nya aja yang berpindah.

Aku mulai merenovasi kandang hamster itu dan mulai menikmati menjadi pemelihara hamster.. yaaa meskipun beberapa kali kerepotan karena botol minum hamsternya bocor-.- jangan lupa untuk mencuci bersih kandang sebelum mendekorasi! saat kandangnya dicuci taro hamsternya didalam bola itu! bola mainan khusus hamster yaaaa bukan bola futsal .___.v bisa juga taro hamsternya dikandang lain atau kalo belom punya taro aja di dalam kardus yang udah dikasih alas dan dilubang lubangi. abis mencuci keringkan kandangnya, kasi ampas kayu buat alasnya, tata rapi dimana roda putarnya, tempat mandinya yang mirip kotak sabun itu, tempat minumnya dan tempat makanannya. Oh iya karena kandang hamsterku kecil, aku ga pake tempat makan, tapi aku ganti sama tutup botol aqua hahaha .__.

Seru banget memelihara hamster, banyak juga yang udah aku korbanin buat hamster, pertama korban waktu buat ngebersihin kandanya setiap 2 minggu sekali atau kalo kandangnya udah kotor, terus aku bela belain pulang sekolah mampir ke pasar buat beli biji kacang hijau buat cemilan hamster nanti.

DAN YANG PALING BERKORBAN BUAT CIKU DAN BUAT AKU KETAWA SENDIRI DAN SEDIH KALO LAGI NGINGET ITU TUH SAAT... saat temanku punya kandang kelinci yang udah ga dia pakai, dia bawa kesekolahan dan ngasih aku, pulang sekolah aku bawabawa kandang yang gede itu, malu abis! mana kandangnya ga bersih banget gitu .__.v terus juga aku pulangnya naik angkot dan ga dijemput, aman banget pas ada diangkot dan yang malunya itu saat turun dari angkot aku jalan sendiri gotong gotong kandang hijau yang gak kecil itu dengan berpakaian seragam sekolah, aduh pengalaman banget deh tu haahaha. tapi aku puas ternyata kandang itu dengan sedikit renovasi dari ayah bisa jadi rumah aman nan indah buat ciku {}

Waktu aku pulang dari piknik, aku bawa kue moci dan bungkus kue moci itu aku jadiin hiasan di kandang ciku yang baru itu, aku gunting gunting dan........... tadaaaaaaa!! jadi deh! sederhana banget. ciku suka ngumpet kedalem situ, haha lucuuu..

Terus lagi ya, waktu aku kerumah sodara, aku bawa si ciku beserta kandangnya! aku boncengan motor dianterin sama ayah. duduk dibelakang sambil megangin kandang gede ciku hahaha asli itu juga lucu banget. saking sayangnya sama ciku, apapun kulakukan untuk ciku!

TAPI SEKARANG CIKU UDAH ADA DISURGA, banyak banget pengalaman asik dan pembelajaran dari melihara binatang, mulai dari tau banyak tentang binatangnya sampe saat saat menyenangkan main sama binatang itu, pokoknya MEMELIHARA CIKU ADALAH PENGALAMAN TERINDAH BUAT AKU. Waktu ciku mati aku sedih banget sampe aku nangis terisak isak, emang sih hari hari sebelum itu udah sekitar 1 bulan aku ga bersihin kandangnya ciku, saat aku ngebersihin dan ciku aku taro kedalam bola mainan.

Apa karena terlalu lama ya ciku ada didalam bola mainan? besoknya dia mati, padahal kan kandangnya udah bersih. Aku bangun tidur lalu mampir ke kandangnya ciku, aku liat ciku tergeletak gitu, aku sempet takut, trus aku bangunin ayah sambil nangis dan nanya ciku kenapa, mama juga ikut-ikuta bangun. dan kata ayah, ciku udah mati. Goodbye ciku. Huaaaaa!!

Pelajaran yang sangat penting yang aku ambil: binatang itu gak cuma disayang kalo kita lagi iseng dan dicuekin kalo kita lagi sibuk. melihara binatang punya tanggung jawab yang besar. suatu saat nanti aku akan memelihara binatang lagi. dan ga akan ngulangin kesalahan yang sama lagi! oneday! amin!

Sekian dari aku, makasih buat yang mau baca. gimana? tertarik buat melihara binatang? dijaga dengan baik ya!

Sincerelly Yours, Little girl with a million dream.

Komentar